Rabu, 23 Agustus 2017

Ternak Kroto Cepat Panen

Ternak Kroto Cepat Panen

Ternak Kroto Cepat Panen - Step persiapan ini diawali dari pengadaan bibit sampai terwujudnya kandang yang sudah ditempatkan tabung atau media beda. Tetapi dalam hal semacam ini kami tuntun dengan memakai tabung jadi media budidayanya. 

A. Penyediaan Bibit Alami Kroto 

Penyediaan Bibit Alami Kroto 1 
berkahkhair. com 
Bibit kroto yang paling baik yaitu hasil tangkapan di alam atau bisa pula membelinya dari petani yang telah memiliki pengalaman minimum 3 th. dalam pembudidayaan itu. 

Tetapi kami tetaplah memprioritaskan untuk mencari bibit di alam supaya memanglah akhirnya kelak semakin bagus serta menjanjikan. 

Tetapi jika juga tidak diketemukan Kamu dapat beli dari pembudidaya kroto yang umum di jual dalam paket toples dengan harga yang cukup mahal yaitu 150 ribu – 200 ribu rupiah. 

B. Pembuatan Kandang untuk Ternak Kroto 

Ternak yang Menguntungkan Saat ini


Kandang untuk Ternak Kroto 1 
berkahkhair. com 
Media yang kami pakai dalam hal semacam ini yaitu paralon atau pipa pvc. Argumen paling utama pemakaian paralon yaitu lebih praktis, sederhana, flesibel serta begitu gampang perawatannya. Mengenai keunggulan dari pemakaian paralon yaitu seperti berikut : 

Paralon telah berupa tabung cuma tinggal memotongnya saja dengan ukuran spesifik. Serta lalu dapat segera diaplikasikan di rack dengan rapi. 
Paralon dapat dipakai kurun waktu yang cukup lama yaitu 5-10 th.. 
Dengan ke-2 bagian yang terbuka jadi juga akan merangsang perkembangan semut rangrang secara cepat. 
Dengan memiliki bentuk seperti tabung jadi jika letak di rack tempatnya begitu untungkan. 
Lebih gampang waktu pemanenan serta bisa kurangi angka kematian semut dan begitu gampang dibikin bersih. 
Dari penjelasan di atas kami sudah menghadirkan keunggulan pemakaian paralon dalam soal ternak kroto. Kesempatan ini kami juga akan mengajarkan mengenai langkah buat kandang yangbagus serta benar. 

Awal buat dengan jenis bersusun 2 tingkat. Rack dalam hal semacam ini dapat di buat memakai bambu, besi atau kayu semacam. Tetapi ingat ukuran sesuai dengan tempat atau tempatnya. 
Ke-2 di atas rack kaki tempatkan seperti wadah plastik dapat mangkok atau potongan plastik. Serta isi tiap-tiap wadah barusan dengan cairan dapat air juga oli. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya semut rangrang tidak keluar dari medianya. 
Jangan pernah sisi rack bersentuhan dengan dinding atau benda beda semisalnya 
Pakai paralon dengan diameter 4 atau 5 inci lantas potong dengan panjang sekitaran 50 cm atau dapat sesuai dengan lebar rack. 
Kemudian aturlah paralon itu dengan rapi serta masukan dedaunan supaya semut rangrang merangsang untuk buat sarang. 
Langkah paling akhir yaitu tabor bibit koloni semut rangrang di kandang itu. 
Tetapi yang butuh diingat yaitu peletakan kandang mesti ada jauh dari beragam masalah seumpama ayam atau serangga besar yang lain. Karna dalam soal pembudidayaan ini semut perlu ketenangan. Serta alangkah lebih sebaiknya diletakkan diruangan tertutup. 

C. Penaburan Bibit untuk Ternak Kroto 

Penaburan Bibit untuk Ternak Kroto 1 
jualbibitkroto. wordpress. com 
Jika peletakan pipa serta pembuatan kandang sudah usai dikerjakan jadi setelah itu yaitu menaburkan bibit semut rangrang kedalam paralon. 

Pengunaan paralon dalam hal semacam ini begitu praktis karna saat panen serta akan di jual semakin lebih gampang aplikasinya. Jadi media paralon cukup ditempatkan saja di atas rack yang sudah disusun rapi. 

Dalam hal semacam ini semut rangrang di jual dengan bentuk tople atau botol plastik, Jadi cukup buka tutup toples serta tempatkan di tumpukan paralon lantas berikan air gula di dalamnya. 

Jadi dengan sendirinya semut rangrang juga akan berkeliaran serta pada akhirnya masuk kedalam tumpukan paralon untuk bersarang. 

Tunggulah sampai semut rangrang terasa kerasan tinggal di ruang kandang. Setalah itu cuma tinggal lakukan perawatan dengan teratur supaya hasilkan kroto yang maksimum. 

5. 2 Step Pemberian Pakan Untuk Ternak Kroto 

Pakan untuk Ternak Kroto 1 
berkahkhair. com 
Pakan kroto yaitu semacam serangga misalnya cicak, belalang, jangkrik, ulat atau hewan kecil lainyya. Tetapi dapat juga di beri makanan yang lain seperti ayam rebusan, tulang-tulangan yang sudah dipecah-pecah. 

Dalam soal protein dapat beri air gula supaya konsumsi karbohidratnya tercukupi. Atau dapat juga dari kutu daun seperti aohid. Walau demikian hal semacam ini juga akan susah karna perlu pencarian kutu pahid sekali lagi. 

Langkah paling baik dalam pemberian pakan yaitu seperti berikut. 

Dapat menggukan media yang datar seperti piring plastik. Serta tempatkan makanan serta protein itu diatasnya. Umpamanya cecak, belatung atau daging rebusan ayam. Penempatan rack ini dibagian samping rack. 
Ingat lumpuhkan terlebih dulu jika berikan pakan seumpama jangkrik yang mudah sekali untuk kabur. 
Jadi sumber karbohidrat dalam hal semacam ini yaitu gula jadi dapat ditempatkan didalam mangkok. Campur 2-3 sendok gula dengan 200 ml air. Biasanya larutan itu juga akan habis kurun waktu 2-3 hari. 
5. 3 Step Pemanenan Untuk Ternak Kroto 

Pemanenan untuk Ternak Kroto 1 
berkahkhair. com 
Kroto baru dapat dipanen sesudah berumur 15-20 hari. Karna telur ke larva memiliki daur hidup 15-20 hari. Ingat pemanena bisa dikerjakan jika sarang sudah penuh dengann telur atau kroto yang berwarna putih. 

Jadi awalan biarlah saja dulu perkembangbiakan semut bertambanyak banyak. Paling tidak tunggulah saja sepanjang 6 bulan sampai betul-betul populasinya banyak. 

Setalh itu dapat dikerjakan pemanenan 2 kali tiap-tiap bulannya. Atau dapat juga dikerjakan pemanenan sehari-hari dengan perbanyak jumlah sarang serta saat panennya. 

Bagian pemanenan kroto yaitu seperti berikut : 

Siapkan saja wadan melengkung seperti ember atau baskom. 
Lantas tempatkan saringan dari kawat yang ukuran jaringnya kurang lebih dapat menghalangi semut masuk kedalam baskom. 
Gunakan sarung tangan untuk menghidari gigitan semut. 
Tumpahkan media ternak dalam hal semacam ini paralon kedalam baskom yang sudah di beri saringan. Nah, kroto juga akan jatuh dengan sendirinya sedang semut juga akan tersaring. 
Bersihkan kembali media paralon serta tempatkan kembali sampai hasilkan kroto setelah itu. 
6. Budidaya Kroto Dengan Toples 
Budidaya Kroto dengan Toples 1 


triyonomathematic. wordpress. com 
Jika dibagian atas kami menerangkan ternak kroto dengan media paralon. Kesempatan ini kita terangkan dengan memakai media toples. 

Hal yang awal dikerjakan yaitu buat media sarang untuk koloni semut supaya ingin bertelur. Dalam hal semacam ini kami pakai toples. Tetapi, toples tersebut di sisi bawahnya lubangi dengan diameter 5-7 cm. Kemudian tutup kembali lubang barusan dengan lakban. 

Ke-2 yaitu jika telah memperoleh bibit semut rangrang jadi masukan saja sarang itu kedalam toples lantas tutup dengan rapat. Yakinkan dalam satu koloni itu ada type semut rangrang yang lengkap. Seperti sudah kami terangkan dimuka. 

Yaitu dalam satu koloni ada ratu semut, prajurit, semut pejantan serta semut pekerja. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya semut bisa bertelur dengan prima. 

Ke-3 yaitu dengan menyedaiakan terlihat plastik yang datar serta isilah nampan itu dengan air. Berrtujuan untuk agars emut tidak kabur maupun geser tempat. 

Namun ingat nampan itu berisi air sampai 1/2 dari tinggi nampan lantas tempatkan batu di dalam permukaan nampan. 

Ke-4 yaitu tempatkan bibit semur rangrang yang ada didalam toples untuk lalu diletakkan di atas batu bata barusan dengan tempat terbalik. Yaitu tempat yang berlubang ada diatas batu bata. 

Jika tempat betul-betul tegak lakban bisa dilepaskan serta semut dengan bebas mencari makan. 

Berlainan perihal bila Kamu beli bibit semut rangrang dari peternak atau pembudidaya. Karna biasanya penjual itu dalam satu toples telah dilengkah semur rangrang yang terbagi dalam beragam anggota. Jadi Kamu cukup menempatkan saja diatas batu bata yang tekah disiapkan di langkah ke-3. 

Langkah Pemberian Makan Ternak Kroto Dengan Toples 



Jika langkah ternak kroto sudah benar jadi Kamu cukup melatakkan larutan gula ditambah sedikit madu dalam gelas serta diletakkan di samping toplea supaya semut rangrang gampang mencapainya. 

Dalam kurun saat 5-6 bulan kroto telah siap untuk dipanen dengan 2 periode panen setiap bulannya. Dalam satu koloni semut rangrang dapat hasilkan kroto seberat 100 gr. 

Nah, Kamu cukup hanya menyatukan 10 toples kroto jadi telah dapat hasilkan 1 kg kroto serta kalkulasilah berapakah keuntungan yang didapat. Dengan per kilonya Rp. 250. 000. 

7. Analisa Keuntungan Harga Kroto 
Keuntungan Harga Kroto 1 
bibitkrotosemutrangrang. com 
7. 1 Anggapan Dengan Jumlah Sarang 

Jumlah induk yang nanti juga akan dijaga yaitu 300 sarang per koloni. 
Panen sekitaran 5-6 bulan dengan kelak juga akan menghasilan 4 kali lipat sarang hingga 4×300 = 1200 sarang. 
Tiap-tiap 200 sarang membutuhkan rack dengan luas 2×2 mtr. persegi. 
7. 2 Modal (Investasi) 

Cost pembuatan kandang 2 rack yaitu @2 x Rp. 250. 000 = Rp. 500. 000 
Toples sarang 300 x @Rp. 3000 = Rp. 900. 000 
Peralatan yang lain 90 buah x @Rp. 2000 = Rp. 180. 000 
Jadi keseluruhan cost yang di keluarkan sekitaran Rp. 1. 580. 000 untuk sekali saja. Sedang untuk cost pakan yaitu sekitaran Rp. 400. 000 perbulannya. 

7. 3 Pendapatan 

Dalam 1 kg kroto dihargai Rp. 250. 000. Jadi dapat dikalkulasikan : 

1 toples dapat hasilkan 100 gr jadi 1200 toples x 100 gr = 120. 000 gr atau 120 kg. 
Pendapatan keseluruhnya. 120 kg x Rp. 250. 000 = Rp. 30. 000. 000 
Pendapatan ini untuk 2 bulan sedang untuk perbulannya dapat peroleh R. 15. 000. 000. 

7. 4 Keuntungan Bersih/Bulan 

Untung/bulan – Biaya produksi = Rp. 15. 000. 000-Rp. 200. 000 = Rp. 14. 800. 000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar