Selasa, 19 September 2017

Perpanjangan STR Perawat Online

Perpanjangan STR Perawat Online

Perpanjangan STR Perawat Online - Berkaitan gosip persoalan pencapaian Surat Tanda Registrasi (STR) serta Mulai sejak terbitnya Surat Terbuka yang diperuntukkan pada Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) yang ditulis oleh Syaifoel Hardy. Pada akhirnya dijawab serta disikapi oleh Ayah Trihono sebagai Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). Tersebut Penuturannya : 

Penjelasan MTKI pada surat terbuka Sdr. Syaifoel Hardy 

Assalamu’alaikum wr. wb. 

Surat ini kami bikin untuk menjawab sebagian yang dirasakan yang di sampaikan lewat surat terbuka di sosial media dari Sdr. Syaifoel Hardy, yang oleh reproter Sdr. Veronika Asanti dimuat di Wartakesehatan. com. 

Pertama-tama kami mengatakan banyak terima kasih atas surat terbuka yang Saudara catat, mudah-mudahan tulisan Saudara dapat meningkatkan kami untuk selalu berbenah melakukan perbaikan service kami pada tenaga kesehatan diluar dokter, dokter gigi serta apoteker. Jadi deskripsi tenaga kesehatan yang difasilitasi oleh MTKI ada 24 type tenaga kesehatan. 

Setelah itu, untuk menyikapi yang dirasakan saudara, aku berikan beberapa hal seperti berikut : 

Syarat Perpanjang STR

Semuanya pihak sepakat pentingnya STR (Surat Tanda Registrasi) untuk tenaga kesehatan, termasuk juga untuk perawat. Regulasi mengatakan kalau STR diberi sesudah seseorang perawat memperoleh Sertifikat Kompetensi yang diperoleh sesudah lulus uji kompetensi. 
Dengan hal tersebut STR dapat di keluarkan sesudah yang berkaitan lulus uji kompetensi, yang dikoordinir oleh Ditjen Pendidikan Tinggi. 

Apabila Sertifikat Kompetensi telah ada, STR dapat diurus lewat MTKP (Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi). MTKP juga akan melanjutkan ke MTKI apabila berkas lengkap kurun waktu 1 bulan STR telah terbit. 

Uji kompetensi dibutuhkan karna kwalitas pendidikan perawat yang begitu beragam, ada yang telah bagus, namun banyak juga yang belum juga maksimal. Jadi contoh hasil uji kompetensi perawat angkatan awal yang dikerjakan oleh MTKI, rentang nilai yaitu teratas 73, 3 serta terrendah yaitu 10, 0. Berikut kwalitas pendidikan perawat kita sekarang ini, yang mari kita benahi dengan. Salah nya ialah lewat uji kompetensi itu. 

Kelak uji kompetensi adalah exit exam, jadi uji kompetensi bersamaan dengan ujian di perguruan tingginya, hingga bila dinyatakan lulus bermakna uji kompetensinya juga lulus. Tetapi sekarang ini belum juga berbentuk exit exam, hingga mereka yang lulus pendidikan perawat, bila belum juga lulus uji kompetensi belum juga dapat mengaplikasikan profesinya. 

MTKI telah menyarankan pada Dirjen Dikti supaya di masa mendatang uji kompetensi dapat dikerjakan dengan on line seperti ujian TOEFL. Tetapi untuk ini dibutuhkan persiapan yg tidak gampang. Aku mengharapkan Dikti telah menghadap kesana. 

Satu diantara sebab besarnya macam kwalitas pendidikan perawat yaitu institusi pendidikannya. Tabel berikut ini tunjukkan banyak institusi pendidikan tenaga kesehatan (termasuk juga perawat) yang belum juga terakreditasi. 

Untuk pengurusan STR sendiri, kami memanglah selalu berbenah. Kami tengah buat disain registrasi on line, hingga kelak begitu mempermudah tenaga kesehatan lakukan registrasi. Sekarang ini tengah didisain softwarenya, akhir th. ini juga akan eksperimen di DKI serta Jawa Timur serta mudah2an th. depan telah dapat dikerjakan di semakin banyak propinsi. 

Untuk pengusulan STR, jalurnya yaitu seperti berikut : 
• Tenaga kesehatan menyerahkan berkas saran ke MTKP (dapat lewat OP setempat atau dengan perseorangan) 
• MTKP juga akan kirim ke MTKI 
• Apabila berkas lengkap, sistem penerbitan STR di MTKI maksimum 1 bulan (Ini tujuan kami jadi pengurus MTKI yang baru, serta sepanjang satu tahun ini kita dapat menjalankannya) 
• STR yang telah diterbitkan, juga akan selekasnya di kirim lewat pos ke MTKP 
• MTKP menyerahkan STR pada yang bersangkutan 

Untuk keterbukaan, kami juga telah berbenah. Bila ada perawat yang telah mengurusi registrasi lewat PPNI serta MTKP, apabila menginginkan ketahui dapat dicek ke MTKI, silakan kirim daftar namanya ke alamat e-mail kami : sekretariatmtki@yahoo. co. id atau mtki. 2014@gmail. com. Kami dapat menelusuri selanjutnya, hingga di mana berkas pengusulan itu. Sempat berlangsung : berkas nyatanya belum juga hingga ke MTKI, masih tetap di Organisasi Profesi Daerah, atau kadang-kadang di MTKP. Apabila pernah datang ke kantor MTKI, dapat dicek sendiri di monitor monitor computer kami, apakah telah tercatat di MTKI atau belum juga. 
Untuk kamu yang belum juga buat STR serta merencanakan menginginkan membuatnya, sebaiknya kamu ketahui banyak hal berkaitan alur serta prasyarat pembuatan STR yang telah aku lalui 

Rabu, 21 okt 

Aku ke kantor IBI prov Riau (di gedung Dharma Wanita jalan Diponegoro pekanbaru) yang ada dilantai 2 samping kanan. 
Aku membaca pengumuman alur serta kriteria dimuka pintu, serta pulang karna belum juga lengkapi kriteria 

Alur yang juga akan dilalui 
image 

Lalu aku pulang untuk lengkapi 
Kriteria pembuatan STR tenaga kesehatan diluar dr/drg serta kefarmasian sesuai sama PERMENKES No. 46 Th. 2013 

1. Surat permintaan 
a. Diperuntukkan ke Ketua MTKI lewat MTKP prov. Riau 
b. Cantumkan nama, TTL, alamat lengkap, lulusan serta th. lulusan 
c. Di buat diatas matrai Rp. 6. 000 
2. Foto copy ijazah yang dilegalisir 
3. Cocok photo 4×6 sejumlah 2 lembar (latar belakang merah) 
4. Bukti transfer asli dari cost pengurusan STR sebesar Rp. 100. 000 ke bank BRI cabang Kebayoran Jakarta Barat an. PUSTANSERDIK No. Rek 0193. 01. 001868. 30. 7 (transfer tidak bisa lewat atm) 
5. Referensi dari organisasi profesi provinsi 
6. Foto copy sertifikat kompetensi yang dilegalisir (spesial tamatan 2014) 
7. Semasing kriteria rangkap 3 (1 asli 2 foto copy) 
8. Map Merah 

Mengenai contoh surat permintaan 
image 

Kamis, 22 Okt 
Aku kembali pada kantor IBI prov Riau meyerahkan kriteria yang telah aku lengkapi, di sana dokumen aku di check serta aku di beri surat rekomenadasi dagi organisasi IBI 
Mengenai cost adm yang aku emban yakni sebesar Rp. 10. 000 

Step setelah itu aku disarankan kekedinas kesehatan propinsi Riau yg ada disamping kiri gedung lantai 2 (kantor MTKP). Di sana aku memberi dokumen dalam map merah serta menanti sebagian menit untuk memperoleh STR sesaat, sesudah lebih kurang 5 menit, STR sesaat usai, mengenai adm yang dibenbankan sebesar Rp. 25. 000 segera dibayar di tempat. 

Saat ini step menanti, dengar berita dari mbk yg berada di IBI propinsi, sistem menanti lebih kurang satu tahun. 
Selamat dalam masa penantian sahabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar