Rabu, 08 November 2017

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan - Apa itu 'Struktur Organisasi'
Struktur organisasi adalah sistem yang terdiri dari peraturan kelembagaan dan kebijakan eksplisit dan implisit yang dirancang untuk menjelaskan bagaimana berbagai peran dan tanggung jawab kerja didelegasikan, dikontrol dan dikoordinasikan. Struktur organisasi juga menentukan bagaimana informasi mengalir dari tingkat ke tingkat di dalam perusahaan. Misalnya, dalam struktur terpusat, keputusan mengalir dari atas ke bawah, sementara dalam struktur yang terdesentralisasi, keputusan dibuat pada berbagai tingkat yang berbeda.
BREAKING DOWN 'Struktur Organisasi'
Struktur organisasi, secara sederhana, mendefinisikan hirarki tertentu dalam sebuah organisasi, dan bisnis dari semua bentuk dan ukuran menggunakannya dengan sangat. Struktur organisasi yang sukses mendefinisikan setiap pekerjaan karyawan dan bagaimana hal itu sesuai dengan keseluruhan sistem. Penataan ini memberi gambaran visual kepada perusahaan tentang bagaimana bentuknya dan bagaimana cara terbaik untuk maju dalam mencapai tujuannya. Struktur organisasi biasanya diilustrasikan dalam semacam bagan atau diagram.
Jenis Umum Struktur Organisasi
Pada tingkat tertinggi, struktur organisasi bersifat terpusat atau terdesentralisasi. Secara tradisional, organisasi telah terstruktur dengan kepemimpinan terpusat dan rantai komando yang pasti. Militer, misalnya, adalah sebuah organisasi yang terkenal dengan strukturnya yang sangat terpusat, dengan hierarki atasan dan bawahan yang panjang dan spesifik. Namun, telah terjadi peningkatan dalam organisasi yang terdesentralisasi, seperti yang terjadi pada banyak startup teknologi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk tetap cepat, tangkas dan mudah beradaptasi, dengan hampir setiap karyawan menerima tingkat tinggi agen pribadi.

Empat jenis struktur organisasi yang umum diterapkan di dunia nyata. Yang pertama, dan yang paling umum, adalah struktur fungsional. Ini juga disebut sebagai struktur organisasi birokrasi dan memecah perusahaan berdasarkan spesialisasi tenaga kerjanya. Sebagian besar usaha kecil dan menengah menerapkan struktur fungsional. Membagi perusahaan ke dalam departemen yang terdiri dari pemasaran, penjualan dan operasi adalah tindakan menggunakan struktur organisasi birokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar